Monday, June 20, 2011

Cerita si Tukang Salon

Saya sama keluarga saya punya satu salon langganan. SALON AGUS. Ya, yang punya namanya Agus. Biasa saya manggilnya Om Agus. He's not the best (for my family). Dari saya sama kakak saya masih doyan nangis, sampe sekarang saya udah bisa make internet, kita selalu potong rambut disana.

Waktu itu (13 Mei 2011), saya sama kakak saya mau potong rambut ke tempat Om Agus. Jadilah kami kesana berdua. Pas lagi potong rambut, Om Agus cerita beberapa kedukaannya dan kesengannya buka salon. Walaupun yang diceritain kemaren lebih banyak dukanya. Berikut pengakuan dari Om Agus.

(Cerita di bawah ini dilihat dari perspektif Om Agus)

1. Kebaya Itu Punya Saya
Waktu itu, udah lama banget berapa taun yang lalu gitu, ada orang mau manten. Jadi dia nyalon sama saya, terus juga nyewa dekornya sama kebaya sama saya. Tapi tau nggak? Sampe sekarang semuanya itu belum dibayar. Padahal dia masih suka motong kesini loh sama saya. Tapi saya gak pernah ngomong ke dia kalo itu semua belum dibayar. Sampe kemaren itu, anaknya yang perempuan wisudaan, terus anaknya ngasih liat poto wisudanya. Eh ternyata, baju manten yang dia pinjem itu dipake sama anaknya buat wisudaan. Saya yakin banget itu punya saya yang 'dipinjem' sama dia buat mantennnya dia. Jaitannya, modelnya. Sama persis. Sampe saya tunjukin keanaknya. Kita kan disini satu model ada 4 kebaya. Jadi ada sparenya. Tapi sekarang tinggal 3. Saya keget banget loh, ternyata itu masih ada. Ck ck ck. Aneh-aneh aja.

2. Bepoto bukan Bepotong
Jadi waktu itu, ada bapak-bapak. Matanya emang agak picek sebelah. Dia datang, terus....

Bapak: Di sini bisa bepoto ya?
Om Agus: (yang di dengar bepotong) Oh bisa pak.
Terus saya suruh duduk. Terus saya pakein baju potongan kan, eh saya malah dipelototin. Saya sempet takut. Saya bingung. Kenapaaa bapak ini
Bapak: (sambil melotot) ini ngapain nih?!
Om Agus: Loh katanya mau potong rambut pak?
Bapak: POTONG RAMBUT?! Saya mau bepoto!
Om Agus: (mikir) bepoto...???
Bapak: Bepoto! Ambil gambar!
Om Agus: Oh... Gak bisa pak. Ini salon. Bukan Studio. Gimana sih bapak?!
Bapak :(pergi) g%&!@#TR$...

3. Saya beli roko dulu ya, Mas!
Saya kan pagi-pagi baru buka tuh. terus gak lama ada yang datang mau potong rambut. Yah lumaya lah buat penglaris. Habis dipotong...
A: Berapa, mas?
Om Agus: .... (harga entah berapa)
A: Bentar ya, mas. Saya beli rokok dulu didepas.
Tapi pikir saya, kok ni orang nggak balik-balik. Eh ternya dia kabur. Dasar. Orang emang macem-macem.

4. Saya Mau Bunuh Diri Aja
Ada orang, dia dari kilo 11, potong rambut di rapak (jauh banget jaraknya). Awalnya rambutnya emang panjang terus minta di pendekin tapi dibikin agak ngembang. Eh taunya pas habis dipotong malah lepeh-lepeh. Gak karuan lah hasilnya. Akhirnya dikeriting biar agak ngembang. Habis dikeriting, taunya hasilnya malah tambah hancur. Dia nangis. Gak mau keluar dari salon itu. Gak mau pulang, malu sama tetangga katanya. Akhirnya malem dia dijemput suaminya. Udah jam 10, suaminya ngetok-ngetok saya (salonnya).
B: Mas, tolong dong mas. Benerin rambut istri saya.
Om Agus: Aduh maaf ya mas. Udah malem. Saya capek. Besok aja.
B: Harus sekarang. Istri saya gak mau pulang nih mas. Katanya kalo nggak dia mau bunuh diri!
Om Agus: Hah! Aneh-aneh aja!
B: Bener, mas. Makanya tolongin ya, mas?
Yaudah akhirnya saya tolongin. Emang sih rambutnya ancur gitu. Jadi saya benerin pelan-pelan gitu. Terus akhirnya rambutnya udah bagus, dia malah ketawa-ketawa. Jadi ya saya olokin gara-gara mau bunuh diri. Haduuh, aneh-aneh aja.

2 comments: