Sunday, January 8, 2012

Mahasiswa vs Siswa

Mungkin postingan kayak gini udah rada telat ya. Tapi yah, gapapa lah ya. Kenapa baru ngepost ini sekarang? Karena emang perbedaan antara menjadi seorang siswa dan mahasiswa baru kerasa sekarang. Sebenernya, apa sih yanng bikin beda?  Banyak banget sebenernya bedanya. Apalagi kalo kamu ngekost. Otomatis kamu kan tinggal sendiri di kamar (kecuali kalo kamu sekamar berdua/lebih), tanpa pengawasan orang tua. Mau kamarnya gak kamu beresin setaun (selama orang tua kamu gak datang dalam periode setaun itu) kek, mau tidur sambil kayang kek (sekali lagi, ini gak berlaku buat kamu yang sekamar berdua/lebih), mau belajar sambil dengarin lagu kek, terserah deh. Semau kamu, senyaman kamu.

Kalo katanya jadi mahasiswa itu enak, kalo menurut aku malah... gak tuh. Seenak-enaknya jadi Mahasiswa, tetep lebih enak jadi siswa, apalagi jaman SMA. Beban jadi mahasiswa itu lebih banyak. Otomatis lebih pusing, lebih stress, lebih capek, lebih gila. Selain itu, kalo jadi mahasiswa, perasaan tuanya itu kerasa banget dibandingin waktu sekolah. Kenapa? Kalo udah kuliah, pola pikir kamu bakal berubah 180 derajat. (seharusnya) Jadi lebih dewasa dan (kadang-kadang) bijak. Berpikir jauh ke depan. Contohnya aja, aku. waktu masih SMA, mikirnya ikut organisasi itu, gak penting banget lah. Buat apa juga? Ikut gak ikut toh tetep (insyaAllah) lulus juga kan? Tapi sekarang baru mikir kalo, ikut organisasi itu sebenernya penting banget. Kamu bisa dapet banyak softskill disini, kayak public speaking. Makanya kemaren aku ikut Open Recruitment Pengurus Himkajaya (Himpunan Mahasiswa Keperawatan Brawijaya). Walaupun sempet pesimis dan ciut juga waktu mau interview, tapi toh tetep diikutin aja. Karena memang sebenernya sayang banget kalo gak ikut. Apalagi, kalo udah kuliah itu, kamu butuh link yang banyak, terutama dari senior. Nah, salah satunya bisa kamu wujudin di organisasi kayak gini. Walaupun keliatannya gak penting, tapi link ini akan sangat membantu kamu suatu hari nanti.

Gimana sih perasaan kamu kalo dikasi tau sama ketua kelas pelajaran fisika kosong? Gurunya lagi keluar ada keperluan? Jujur aja, SENENG BANGET. Gak ada yang lebih menyenangkan bagi anak sekolahan kalo guru gak ada apalagi kalo pulang cepat. Kalo anak kuliahan, (biasanya) kalo dosen gak bisa ngasih kuliah, itu malah sebaliknya kenapa? Repot. Mesti cari hari lain atau jam lain untuk ganti jam yang kosong. Kan gak enak tuh.

Belum lagi masalah nilai. Kalo waktu sekolah, nilai jelek sih masih rada-rada tenang. Gurunya masih maulah nambah-nambahin dikit supaya nilainya jadi agak naik. Bahkan pernah satu kali, waktu SMP kelas 8, Guru PKn, ngasih nilai spesial buat kelas aku. Semua anak, yang nilainya dibawah 80, dikasi nilai 80. Tanpa tugas. Dikasih langsung.  Diobral. Anak-anak yang merasa nilainya kurang (termasuk aku), ya seneng bukan main dong. Kalo kuliah, jangan harap deh. Boro-boro ngasi nilai tambahan, ngasi remedial aja kadang-kadang gak mau. Kamu bertanggung jawab sendiri atas nilaimu. Dosen gak mau tau. Mau kamu ikut ujian kek, gak kek, ngumpul tugas, gak ngumpul tugas, pokoknya nilaimu ya apa yang ada ditangannya. Jangan diharap lah dosen bakal bilang "Nak, tugas keduamu nilainya gak ada. Kapan mau dikumpulin?" Pret. Belum lagi kalo kuliah, sedikit teman-teman yang mau kerjasama. Kenapa? Semua saling bersaing. Tolong diri sendiri dulu, baru orang lain. Gitu. Individualisme lebih muncul dibandingkan dengan waktu SMA yang dengan senang hati akan berbagi jawaban dengan teman-teman sekelas.

Tugas kuliah mahasiswa juga lebih banyak dan yang pasti lebih ribet. Apalagi kalo udah praktek-praktek. Laporan menumpuk. Dan yang lebih parah, sebagian jurusan mengharuskan laporan ditulis tangan. DITULIS TANGAN! Hari gini gitu loh, masa masih tulis tangan? Apaan coba? Tapi ya gitu, tulis aja lah. Dengan tugas-tugas yang menumpuk dari hari ke hari, dan deadline yang sedikit, waktu 24 jam itu rasanya gak cukup. Dibandingkan dengan waktu SMA yang masih bisa tidur nyenyak. PR bisa dikerjain di sekolah aja pagi-pagi. Untuk masalah waktu, aku udah pengalaman. Waktu ospek pertama dulu. Kalo ospek di FKUB, setiap harinya kamu bakal dikasih kartu, putih, hijau, kuning, merah, dan hitam untuk menandakan pelanggaran kamu hari itu. Kartu-kartu ini yang bakal nentuin tugas kamu. Putih dan hijau berarti bebas tugas, sisanya ada tugas, tugas pelanggaran. Tugasnya pun gak main-main. Disuruh nulis essay, bikin artikel. Bayangin aja, itu lagi bulan puasa. Jam 6 udah harus ngumpul, baru pulang jam 5. Habis maghrib langsung ke warnet ngerjain tugas. Pulang sekitar jam 11an, itupun belum selesai semuanya Masih ngerjain tugas sampeeeee jam 3. Jam 3 udah sahur, selesai sahur, mandi shalat subuh, udah, berangkat lagi ke kampus. Selama 3 hari tanpa tidur, mesti dengerin orang cuap-cuap tentang entah apalah itu sampe tertidur-tidur, sorenya pas evaluasi, masih dimarah-marahin pula. Kesel banget lah. Tapi ternyata ada gunanya juga. Gak tidur semaleman itu bukan lagi sutatu masalah bagi kami. Bisa karna biasa.

Tapi ini semua bukan berarti jadi mahasiswa gak ada senang-senangnya sih, tetep seneng, tapi senengnya beda aja sama waktu SMA. Kalo jadi mahasiswa itu enaknya, apalagi kalo kamu kayak aku yang kuliah jauh-jauh nyeberang pulau, bisa jalan-jalan atau makan-makan ketempat baru sama temen-temen. Bahkan main ke kota lain. Asik kan? Dibandingan dengan anak sekolahan kalo jalan bareng-bareng  temen paling nongkrong di mall, ke stroberi, atau apalah itu. Yah intinya, dinikmati aja lah semuanya. Karna waktu-waktu macem gini gak bakal terulang 2 kali. Dimanfaatkan sebaik-baiknya. Selama bisa memanfaatkan waktu dengan baik, semuanya bakal terasa enak dan menyenangkan.

No comments:

Post a Comment